LATAR BELAKANG IRON BRIDGE

LATAR BELAKANG IRON BRIDGE – Terletak di ngarai kayu megah
berdiri monolit untuk industri Inggris – Iron Bridge pertama di dunia.

Menyeberangi Sungai Severn, selesai pada 1779 dan juga membuka lalu lintas pada tahun 1801. Situs ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO
pada tahun 1986 dan tetap menjadi atribut terkenal masa lalu industri Inggris.

LATAR BELAKANG IRON BRIDGE

PEMIMPIN INDUSTRI

Iron Bridge pertama di dunia muncul pada masa modifikasi besar
di Inggris – ini adalah awal dari Perubahan Industri.
Teknologi modern baru sedang dikembangkan dan lanskap
negara negara itu berubah sebagai negara industri mulai terwujud.

Salah satu perkembangan terjadi pada tahun 1709, di desa Shropshire
di Coalbrookdale. Abraham Darby (1678 – 1717) – awal dalam apa
yang pasti akan menjadi kerajaan empu yang diakui – telah
memelopori metode peleburan besi yang mutakhir.

Menggunakan kokas yang terbuat dari batu bara lokal ke tungku pembakaran daripada arang, penemuan Darby membuat produksi
massal para pelaku besi layak secara ekonomi.

Dengan perkembangan dalam produksi ini, perdagangan besi di Inggris meningkat dan pasar regional mulai berkembang.Salah satu upaya paling berani dengan material baru adalah penerapan aktor besi ke jembatan (Thomas Tedgold, perancang dan penulis Inggris, 1824).

Ketika sektor di sekitar ngarai meluas, begitu pula permintaan untuk jembatan yang kokoh dan kokoh untuk mengangkut produk di seluruh sungai. Pada 1773, Thomas Farnolls Pritchard – arsitek dari Shrewsbury – memiliki gagasan yang kuat. Mengintegrasikan kompetensi desain dan teknik-teknik pengecoran besi yang baru, ia mengusulkan jembatan besi pertama di dunia, yang akan menghubungkan gereja-gereja Madley dan Benthall tentang salah satu sungai tersibuk di negara itu.

Desain Pritchard diterima oleh Act of Parlemen serta pada tahun 1777 bangunan dan konstruksi dimulai. Dibimbing oleh putra sulung Darby, Abraham Darby III setelah kematian Pritchard, itu menjadi aktor jembatan bentang tunggal besi sepanjang 30 meter, dengan 5 rusuk setengah lingkaran utama.

Struktur baru yang ekstrim, yang secara resmi dibuka pada Hari Tahun Baru 1781, memanfaatkan total 378 ton besi dengan harga sekitar £ 6.000 – jauh lebih besar daripada £ 3.200 perkiraan awal LATAR BELAKANG IRON BRIDGE.

PENGARUH IRON BRIDGE

Itu seharusnya menjadi penghargaan, karena ini adalah salah satu keajaiban dunia. (John Byng, turis dan juga pengarang, 1784).

Perpaduan pesona alam serta aktivitas komersial di sekitar Severn Chasm menarik banyak musisi dan juga penulis. Richard Warner, seorang penulis dan pendeta, menjelaskan Coalbrookdale pada tahun 1801 sebagai ‘sebuah adegan di mana keanggunan alam dan juga prosedur seni digabungkan satu sama lain dalam kombinasi yang penuh rasa ingin tahu’.

Namun pengenalan Jembatan Besi membawa pengunjung situs baru, yang mengagumi jangkauannya serta kecerdikan. Jembatan itu menjadi pusat bisnis dan komunitas bernama Ironbridge tumbuh di sekitarnya.

Struktur ini juga menginspirasi masa depan gaya jembatan dan juga rekayasa. Kekuatannya yang besar menyaksikannya menahan banjir besar tahun 1795, mendorong kontraktor bangunan dan insinyur seperti Thomas Telford untuk membangun kerangka kerja besi mereka sendiri.